4. Langkah-langkah Membuka dan Mengirim Melalui Email

 

Tahukah Anda Cara Buka Email?

Oleh: AnneAhira.com Content Team

( 4 )   |   Jumlah komentar: 5



Kegiatan Rutin Harian

Buka email adalah kegiatan yang banyak dilakukan orang di sela-sela kegiatan rutin harian mereka. Kegiatan buka email tentunya berkaitan dengan penerimaan dan pengiriman arus informasi dari Anda kepada rekan, kerabat, atau keluarga; ataupun sebaliknya.

Dengan demikian, kegiatan buka email sangat menunjang kegiatan rutin harian Anda, tetap terhubung dengan baik dengan rekan kerja, kerabat ataupun keluarga. Begitupun kegiatan rutin harian Anda, rencana harian berjalan lancar, dengan kendala yang dapat diantisipasi.

Cepat

Kegiatan buka email tidak akan memakan waktu lama. Paling lama dalam waktu satu jam, Anda sudah menyelesaikan kegiatan untuk mengawali rutinitas harian Anda. Setelah inbox email dapat dibuka, Anda dapat langsung membalas, mengirim, atau hanya membaca seluruh email yang masuk ke inbox Anda.

Dengan memilih fasilitas log out atau sign out, Anda dapat segera keluar dari inbox Anda jika akan melanjutkan pekerjaan rutin harian. Sesekali, Anda dapat langsung melakukan kembali kegiatan buka email tersebut jika Anda ingin mengirim atau membalas email tertentu.

Buka Email Lewat Ponsel

Kegiatan buka email dapat dilakukan pula melalui telepon seluler atau beberapa jenis telepon pintar (smartphones). Keuntungan menggunakan media telepon seluler, Anda dapat terhubung setiap waktu dengan rekan, kerabat, atau keluarga; terhubung melalui email dengan orang-orang di sekeliling Anda. Sangat cocok untuk yang memiliki mobilitas tinggi meskipun harga jenis telepon seluler tersebut masih relatif mahal.

Anda belum terbiasa menggunakan email? Tidak sulit untuk melakukannya. Kenyataannya, kegiatan buka email akan sangat membantu Anda dalam mengelola waktu sehingga selalu terhubung dengan rekan kerja, kerabat, atau keluarga.

Anda tinggal melakukannya secara rutin, otomatis semuanya akan berlangsung mudah dan cepat. Tentunya, terlebih dahulu Anda harus mempunyai akun email atas nama pribadi. Beberapa situs mesin pencari (search engine) menyediakan layanan akun email secara cuma-cuma. Tinggal mendaftar dan mengikuti prosedur yang ditampilkan, Anda sudah mempunyai akun email pribadi.

Cara Buka Email, Apakah Sulit?

Untuk melakukan kegiatan buka email, Anda tidak perlu mengerutkan kening karena kesulitan. Jika Anda melakukannya menggunakan komputer personal ataupun laptop, pastikan komputer atau laptop Anda tersebut telah terhubung dengan internet.

Setelah terhubung dengan internet, segera tujukan layar komputer atau laptop Anda kepada situs akun email Anda terdaftar. Bisa juga Anda gunakan situs mesin pencari untuk menuju situs tersebut. Jika layar komputer atau laptop Anda sudah berada pada situs tempat akun email Anda berada, pilih layanan buka email untuk masuk ke inbox email Anda.

Biasanya, diberi pilihan sign in atau log in. Jangan lupa untuk melengkapi username dan password yang dipakai pada akun email pribadi Anda. Tunggulah prosesnya, selanjutnya layar komputer atau laptop akan dialihkan langsung menuju inbox email Anda.

Anda pun dapat melakukan kegiatan buka email menggunakan telepon seluler ataupun telepon pintar. Pada jenis telepon pintar, layanan email akan langsung berada pada telepon seluler Anda. Tinggal menggunakannya secara langsung, seperti halnya menggunakan layanan pesan singkat (sms).

Jika menggunakan telepon seluler, sebelum melakukan kegiatan buka email, pastikan telepon seluler Anda terhubung kepada jaringan internet. Setelah memilih salah satu browser yang dapat digunakan, arahkan layar telepon seluler menuju situs akun email Anda berada. Kemudian, lengkapi username dan password yang tepat, tunggu prosesnya. Layar telepon seluler Anda akan langsung beralih menuju inbox email Anda.

Kegiatan buka email mudah untuk dilakukan. Hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menghindari kesalahan melengkapi username dan password. Simpanlah baik-baik catatan identitas email Anda di tempat yang aman. Hal ini untuk menghindarkan Anda dari kehilangan identitas tersebut.

Hal terpenting lain yang harus dilakukan adalah melakukan pilihan keluar dari inbox secara sempurna setelah selesai melakukan kegiatan dalam inbox email Anda. Pilihlah menu keluar yang biasa diberi tanda dengan sign out atau log out. Jika rutin dilakukan, Anda akan terbiasa melakukan kegiatan buka email tersebut; kegiatan buka email akan menjadi bagian kegiatan harian Anda.

Cara Mengirim Email Melalui Yahoo

January 2nd, 2010 admin

Seperti biasa tulisan ini ditujukan buat yang bertanya tentang bagaimana cara mengririm email melalui yahoomail.com ?  Setelah minggu kemarin telah membuat artikel tentang cara membuat email di Yahoo kini berlanjut kepada langkah selanjutnya yaitu Cara Mengirim Email Via Yahoo.com.
Semoga bermanfaat untuk Anda yang masih mengalami kesulitan tentang cara mengirim pesan melalui email dari penyedia email gratisan di Yahoo.

Langkah langkah untuk mengirim email :

1. Login ke YahooMail.com atau klik Yahoo.com lalu klik menu mail. Masukkan username dan Password login nya. Seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini :

2. Setelah masuk ke bagian dalam akun email Anda lalu klik menu Create yang ada pada pojok kiri halaman email. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :

3. Setelah menklik menu Create atau New atau Buat akan tampil tampilan email seperti ini :

Kolom isian ;

1. To :

Diisi dengan alamat email yang di tuju. contohnya aayohan@gmail.com pastikan alamat email tersebut tanpa spasi, kesalahan satu karakter huruf seperti halnya mengirim SMS tidak akan terkirim.

2. CC : (diisi kalau diperlukan)

CC (copy carbon) alias salinan email kolom ini bisa diisi atau tidak. Fungsi kolom ini untuk mengirim email ke beberapa email sekaligus .  isi dengan alamat email tambahan jika ada alamat email lebih dari satu alamat email, contoh : emailteman1@gmail.com,emailteman2@yahoo.com (pisahkan dengan tanda koma) Anda juga bisa menambahkan BCC (Bling Copy Carbon)
pada menu yang ada disebelahnya.

Bcc bisa digunakan jika ingin orang yang dikirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). Contoh kasusnya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.

3. Subject :

Kolom isian ini untuk judul atau topik email. Pastikan diisi untuk memperjelas kiriman email oleh penerima Email.

4. Content :

Pada kolom kosong dibawah isilah dengan isi email. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk memudahkan penerima email Anda.

4. Langkah terakhir yaitu klik tombol Send yang berada di atas kolom send. Selesai.  Proses selanjutnya proses pengiriman email yg berlangsung dalam hitungn detik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s